BISNIS INTERNAIONAL DAN KERJASAMA REGIONAL

BISNIS INTERNAIONAL DAN KERJASAMA REGIONAL 






Pengertian Kerjasama Regional
Adalah kerjasama yang dilakukan oleh dua negara atau lebih yang biasanya berada dalam suatu kawasan tertentu atau wilayah yang berdekatan. Ada beberapa organisasi kerjasama yang tersebar di berbagai kawasan di seluruh dunia. Di kawasan Asia Tenggara ada Asean, Afta dan Apec, Di kawasan Asia Selatan ada Saarc. kemudian di kawasan Asia terdapat ADB dan di kawasan eropa terdapat EFTA dan EU. Masing-masing kerjasama regional tersebut memiliki tujuan nya masing-masing. Biasanya bentuk kerja regional diwujudkan dengan penetapan kebijakan-kebijakan sebagai berikut:
  1. Penetapan peraturan dan perjanjian penanaman modal untuk memperkuat posisi tawar-menawar negara anggota dalam menghadapi negara yang lebih maju.
  2. Melakukan proteksi terhadap pengusaha domestik dalam menghadapi persaingan dari luar kawasan.
  3. Pembentukan suatu kawasan perdagangan bebas dengan meniadakan tarif bea masuk terhadap barang yang berasal dari sesama negara anggota untuk meningkatkan skala pasar internasional.
Contoh kerjasama regional :
  • EU / Uni Eropa (European Union)
Uni Eropa (European Union) adalah organisasi antar pemerintahan dengan anggota negara-negara Eropa. Uni eropa bukanlah suatu negara federal atau organisasi internasional dalam pengertian tradisional, akan tetapi merupakan suatu badan otonom di antara keduanya.
  • Apec (Asia Pasific Economic Cooperation)
APEC (Asia-Pacific Economic Cooperation). Kerjasama Ekonomi APEC adalah forum kerjasama ekonomi yang terbuka, informal, tidak mengikat, dibentuk di Canberra November 1989. Salah satu bentuk kerjasama dalam APEC adalah Kerjasama Ekonomi dan Teknik (ECOTECH), Kerjasama tersebut memberikan kesempatan bagi negara-negara anggota untuk meningkatkan pelatihan dan pendidikan dalam perdagangan internasional.
  • Asean (Association of Southeast Asian Nations)
Asean (Association of Southeast Asian Nations) atau Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (Perbara). Organisasi yang bertujuan mengukuhkan kerja sama regional negara-negara di Asia Tenggara. Asean beranggotakan negara-negara Asia Tenggara seperti : Indonesia, Brunei Darusalam, Filipina, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Vietnam.
  • NAFTA (North America Free Trade Area)
Kawasan Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) dibentuk pada tanggal 12 Agustus 1992. Negara yang menjadi anggota NAFTA adalah Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko. Negara-negara tersebut sepakat untuk membentuk kawasan perdagangan bebas bersama.
  • AFTA (Asean Free Trade Area)
Adalah kesepakatan perdagangan bebas antara negara-negara yang tergabung dalam ASEAN. Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN (AFTA) untuk pertama kalinya dicetuskan pada KTT ASEAN ke-4 di Singapura pada tanggal 27-28 Januari 1992. AFTA secara resmi dimulai pada tanggal 1 Januari 1993. AFTA beranggotakan 7 negara anggota ASEAN. Dengan AFTA diharapkan negara anggota dapat meningkatkan penghasilan ekspornya.



Dan di indonesia sendiri sebagai bagian dari negara-negara dunia selalu aktif dan tidak dapat menghindari kerjasama regional dengan negara lain, terutama negara dalam satu kawasan. Ada beberapa alasan mengapa Indonesia wajib menjalin kerja sama regional dengan negara lain :
  1. Untuk memasarkan produksi dari dalam negeri ke negara lain (ekspor).
  2. Tidak semua kebutuhan konsumsi dalam negeri dapat dipenuhi sendiri
  3. Untuk menjaga stabilitas kawasan, meningkatkan hubungan ekonomi.
  4. Sebagai bagian dari komunitas dunia, Indonesia perlu menjalin persahabatan dengan negara lain.

Pengertian Bisnis Internasional
Adalah bisnis yang kegiatan-kegiatannya melewati batas-batas negara. Definisi ini tidak hanya termasuk perdagangan internasional dan pemanufakturan di luar negeri, tetapi juga industri jasa yang 
berkembang di bidang- bidang seperti transportasi, pariwisata, perbankan, periklanan, konstruksi, perdagangan eceran, perdagangan besar dan komunikasi massa.
Adapun transaksi bisnis yang dilakukan oleh suatu Negara dengan Negara lain yang sering disebut sebagai Bisnis Internasional (International Trade). Dilain pihak transaksi bisnis itu dilakukan oleh suatu perusahaan dalam sutu Negara dengan perusahaan lain atau individu di Negara lain disebut Pemasaran Internasional atau International Marketing. Pemasaran internasional inilah yang biasanya diartikan sebagai Bisnis Internasional, meskipun pada dasarnya ada dua pengertian. Jadi kita dapat membedakan adanya dua buah transaksi Bisnis Internasional yaitu :


  • Perdagangan Internasional (International Trade
Dalam hal perdagangan internasional yang merupakan transaksi antar Negara itu biasanya dilakukan dengan cara tradisional yaitu dengan cara ekspor dan impor. Dengan adanya transaksi ekspor dan impor tersebut maka akan timbul “NERACA PERDAGANGAN ANTAR NEGARA” atau “BALANCE OF TRADE”. Suatu Negara dapat memiliki Surplus Neraca Perdagangan atau Devisit Neraca Perdagangannya. Neraca perdagangan yang surplus menunjukan keadaan dimana Negara tersebut memiliki nilai ekspor yang lebih besar dibandingkan dengan nilai impor yang dilakukan dari Negara partner dagangnya. Dengan neraca perdagangan yang mengalami surplus ini maka apabila keadaan yang lain konstan maka aliran kas masuk ke Negara itu akan lebih besar dengan aliran kas keluarnya ke Negara partner dagangnya tersebut.
  • Pemasaran International (International Marketing)


Pemasaran internasional yang sering disebut sebagai Bisnis Internasional (International Busines) merupakan keadaan dimana suatu perusahaan dapat terlibat dalam suatu transaksi bisnis dengan Negara lain, perusahaan lain ataupun masyarakat umum di luar negeri. Transaksi bisnis internasional ini pada umumnya merupakan upaya untuk memasarkan hasil produksi di luar negeri. Produk yang dipasarkan itu tidak saja berupa barang akan tetapi dapat pula berupa jasa. Transaksi bisnis internasional semacam ini dapat ditempuh dengan berbagai cara antara lain :

  1. Licencing
  2. Franchising
  3. Management Contracting
  4. Marketing in Home Country by Host Country
  5. Joint Venturing
  6. Multinational Coporation (MNC)

Semua bentuk transaksi internasional tersebut diatas akan memerlukan transaksi pembayaran yang sering disebut sebagai Fee. Dalam hal itu Negara atau Home Country harus membayar sedangkan pengirim atau Host Country akan memperoleh pembayaran fee tersebut.
Pengertian perdagangan internasional dengan perusahaan internasional sering dikacaukan atau sering dianggap sama saja, akan tetapi seperti kita lihat dalam uraian diatas ternyata memang berbeda. Perbedaan utama terletak pada perlakuannya dimana perdagangan internasinol dilakukan oleh Negara sedangkan pemasaran internasional adalah merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan. Disamping itu pemasaran internasional menentukan kegiatan bisnis yang lebih aktif serta lebih progresif dari pada perdagangan internasional.

ALASAN MELAKSANAKAN BISNIS INTERNASIONA
Ada beberapa alasan untuk melaksanakan bisnis internasional antara lainn yaitu :

  • Spesialisasi antar bangsa – bangsa

Dalam hubungan dengan keunggulan atau kekuatan tertentu beserta kelemahannya itu maka suatu Negara haruslah menentukan pilihan strategis untuk memproduksikan suatu komoditi yang strategis yaitu :

  1. Memanfaatkan semaksimal mungkin kekuatan yang ternyata benar-benar paling unggul sehingga dapat menghasilkannya secara lebih efisien dan paling murah diantara Negara-negara yang lain.
  2. Menitik beratkan pada komoditi yang memiliki kelemahan paling kecil diantara Negara-negara yang lain
  3. Mengkonsentrasikan perhatiannya untuk memproduksikan atau menguasai komoditi yang memiliki kelemahan yang tertinggi bagi negerinya.


  • Keunggulan absolute (absolute advantage)


Suatu negara dapat dikatakan memiliki keunggulan absolut apabila negara itu memegang monopoli dalam berproduksi dan perdagangan terhadap produk tersebut. Hal ini akan dapat dicapai kalau tidak ada negara lain yang dapat menghasilkan produk tersebut sehingga negara itu menjadi satu-satunya negara penghasil yang pada umumnya disebabkan karena kondisi alam yang dimilikinya, misalnya hasil tambang, perkebunan, kehutanan, pertanian dan sebagainya.



  • Keunggulan komperatif (comparative advantage)Keunggulan komperatif (comparative advantage) 


Konsep Keunggulan komparatif ini merupakan konsep yang lebih realistik dan banyak terdapat dalam bisnis Internasional. Yaitu suatu keadaan di mana suatu negara memiliki kemampuan yang lebih tinggi untuk menawarkan produk tersebut dibandingkan dengan negara lain. Kemampuan yang lebih tinggi dalam menawarkan suatu produk itu dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk yaitu :

  1. Ongkos atau harga penawaran yang lebih rendah.
  2. Mutu yang lebih unggul meskipun harganya lebih mahal.
  3. Kontinuitas penyediaan (Supply) yang lebih baik.
  4. Stabilitas hubungan bisnis maupun politik yang baik.
  5. Tersedianya fasilitas penunjang yang lebih baik misalnya fasilitas latihan maupun transportasi.

Pertimbangan pengembangan bisnis
Perusahaan yang sudah bergerak di bidang tertentu dalam suatu bisnis di dalam negeri seringkali lalu mencoba untuk mengembangkan pasarnya ke luar negeri. Hal ini akan menimbulkan beberapa pertimbangang yang mendorong mengapa suatu perusahaan melaksanakan atau terjun ke bisnis internasiional tersebut :
  1. Memanfaatkan kapasitas mesin yang masih menganggur yang dimiliki oleh suatu perusahaan
  2. Produk tersebut di dalam negeri sudah mengalami tingkat kejenihan dan bahkan mungkin sudah mengalami tahapan penurunan (decline phase) sedangkan di luar negeri justru sedang berkembang (growth)
  3. Persaingan yang terjadi di dalam negeri kadang justru lebih tajam katimbang persaingan terhadap produk tersebut di luar negeri
  4. Mengembangkan pasar baru (ke luar negeri) merupakan tindakan yang lebih mudah ketimbang mengembangkan produk baru (di dalam negeri)
  5. Potensi pasar internasional pada umumnya jauh lebih luas ketimbang pasar domestic

HAMBATAN DALAM MEMASUKI BISNIS INTERNASIONAL
Melaksanakan bisnis internasional tentu saja akan lebih banyak memiliki hambatan ketimbang di pasar domestic. Negara lain tentu saja akan memiliki berbagai kepentingan yang sering kai menghambat terlaksannya transaksi bisnis internasional. Disamping itu kebiasaan atau budaya Negara lain tentu saja akan berbeda dengan negeri sendiri. Oleh karena itu maka terdapat beberapa hambatan dalam bisnis internasional yaitu :
  1. Batasan perdagangan dan tariff bea masuk
  2. Perbedaan bahasa, social budaya/cultural
  3. Kondisi politik dan hokum/perundang-undangan
  4. Hambatan operasional
Dalam perdagangan internasional hubungan antarnegara tidak selalu berjalan dengan lancar. Pasti ada beberapa hambatan yang akan mempengaruhi kegiatan perdagangan internasional. Beberapa hambatan dalam perdagangan internasional yaitu sebagai berikut :

  1. Perbedaan mata uang antara negara pengekspor dengan pengimpor.
  2. Adanya kebijakan impor yang dilakukan suatu negara.
  3. Perbedaan bahasa antara negara pengekspor dengan pengimpor.
  4. Adanya pengenaan bea masuk yang tinggi.
  5. Adanya perbedaan ketentuan atau peraturan.
  6. Adanya organisasi ekonomi yang mementingkan negara anggotanya.
  7. Proses dan prosedur ekspor impor yang panjang dan lama.
  8. Adanya perang yang dialami suatu negara dan perompak.

HAMBATAN BISNIS DI INDONESIA
Di indonesia sendiripun adanya saing global informasi yang saya dapat dari World Economic Forum (WEF) adalah faktor-faktor penghambat dalam menjalankan bisnis di 140 negara. Indonesia dilaporkan masih mebghadapi masalah korupsi, ketidakefisienan birokrasi pemerintah, kurangnya dukungan infrastruktur, ketidakstabilan kebijakan pemerintah, dan sulitjya akses ke pembiayaan. Faktor-faktor  penghambat tersebut menempati lima besar penghambat dalam menjalankan bisnis di Indonesia. Indonesia sendiri menempati peringkat 37 dari 140 negara dilihat dari indeks daya saingnya atau menurun 3 tingkat dibandingkan tahun sebelumnya yang menempati peringjkat 34. Indonesia bersama Thailand menjadi negara ASEAN yang mengalami penurunan daya saing.
hambatan di indonesia antara laiin yaitu :
  1. Corruption ( Korupsi )
  2. Inefficient government bureaucracy ( Birokrasi pemerintahan yang tidak efisien )
  3. Inadequate supply of inadequate ( Pasokan yang tidak mencukupi tidak memadai )
  4. Policy instability ( Ketidakstabilan kebijakan )
  5. Access to financing ( Akses pembiayaan )
  6. Tax rate ( Persentase pajak )
  7. Inflation ( Inflasi )
  8. The complexity of tax regulations ( Kompleksitas peraturan perpajakan )
  9. Poor work ethic in labor force ( Etika kerja buruk dalam angkatan kerja )
  10. Foreign currency regulations ( Peraturan mata uang asing )
  11. Government instability/coups ( Ketidakstabilan pemerintah / kudeta )
  12. Crime and theft ( Kejahatan dan pencurian )
  13. Inadequately educated workforce ( Tenaga kerja yang tidak terdidik )
  14. Inefficient capacity to innovate ( Kapasitas yang tidak efisien untuk berinovasi )
  15. Restrictive labor regulations ( Peraturan ketenagakerjaan yang membatasi )
  16. Poor public health ( Kesehatan masyarakat yang buruk )

Perusahaan Indonesia yang Go Internasional
Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi. Setiap perusahaan ada yang terdaftar di pemerintah dan ada pula yang tidak. Bagi perusahaan yang terdaftar di pemerintah, mereka mempunyai badan usaha untuk perusahaannya. Badan usaha ini adalah status dari perusahaan tersebut yang terdaftar di pemerintah secara resmi (Wikipedia).

Jenis perusahaan berdasarkan lapangan usaha :
  1. Perusahaan ekstraktif adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengambilan kekayaan alam
  2. Perusahaan agraris adalah perusahaan yang bekerja dengan cara mengolah lahan/ladang
  3. Perusahaan industri adalah perusahaan yang menghasilkan barang mentah dan setengah jadi menjadi barang jadi atau meningkatkan nilai gunanya
  4. Perusahaan perdagangan adalah perusahaan yang bergerak dalam hal perdagangan
  5. Perusahaan jasa adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa

Jenis perusahaan berdasarkan kepemilikan :
  1. Perusahaan negara adalah perusahaan yang didirikan dan dimodali oleh negara
  2. Perusahaan koperasi adalah perusahaan yang didirikan dan dimodali oleh anggotanya
  3. Perusahaan swasta adalah perusahaan yang didirikan dan dimodali oleh sekelompok orang dari luar perusahaan
Oke gak usa lama-lama lagi, kita liat aja di bawah ini daftar perusahaan di indonesia yang sudah Go International, berikut daftar Perusahaannya :

  • PT. Bintang Todjoeh
Perusahaan ini terkenal dengan produk nya yaitu ExtraJoss gan, iklanya ampe menuhin tiap-tiap tipi di Indonesia. Untuk pasar dalam negeri, Extra Joss merupakan produk minuman berenergi yang sangat populer. Minuman produksi PT. Bintang Todjoeh ini telah diekspoer ke Filipina dan menguasai 80% pasar minuman berenergi di sana. Sementara di Malaysia sejak masuk negara ini pada 2007, penjualan Extra Joss telah mencapai 100ribu dolar AS per-bulan. Sedangkan di Vietnam, penjualannya mencapai Rp. 2 miliar per-tahun.

  • PT. Indofood CBP Sukses Makmur
Agan pasti yang demen ama makanan pasti tau lah sepak terjang perusahaan ini dalam memproduksi makanan berkualitas di Indonesia. Yang paling terkenal dan juga sahabat anak-anak kost yaitu INDOMIE gan emoticon-Ngakak. Seperti dilansir id.berita.yahoo, berdasarkan survei konsumsi mi per-orang, Indonesia berada pada urutan ke-2 dengan jumlah konsumsi 63 kemasan per-orang per-tahun setelah Korea Selatan dengan 69 kemasan per-orang. Tidak heran jika mi menjadi salah satu makanan utama masyarakat Indonesia selain Nasi (terutama, mungkin saat belum gajian dan yang indekos hehe). Mi goreng Indomie adalah salah satu fovorit, tidak hanya di Indonesia, negara tetangga seperti Singapura, Brunei, dan Malaysia, bahkan sampai Nigeria pun menggemari-nya. Mi goreng Indomie ini juga telah sampai ke negeri asal-nya di China, termasuk Hongkong serta Eropa dan sejumlah negara Afrika. Luasnya distribusi tersebut, tidak salah bila Indofood dijuluki produsen mi instan terbesar di dunia. 

  • PT. Dua Kelinci 
Ini nih gan Perusahaan yang memproduksi kacang di Indonesia yang paling ane demen, kualitasnya itu lho. Awesome! emoticon-Big Grin
Yap, ini adalah perusahaan yang memproduksi kacang baik itu kulit, koro atau varian lainya gan. PT. Dua Kelinci memang terkenal dengan kualitas produk nya yang membanjiri Indonesia. Bemula dari Surabaya pada 1972, dengan melakukan pengemasan-ulang (repacking) untuk kacang garing dengan merek "Sari Gurih" berlogo dua kelinci. Produk kacang ini mulai berkembang menjadi industri pada 1985 dengan didirikannya PT. Dua Kelinci. Dengan selalu berinovasi dan megikuti perkembangan teknologi pada mesin-mesin produksinya, menjadikan Dua Kelinci salah satu produsen kacang yang terkenal di Indonesia. Kini PT. Dua Kelinci telah memproduksi beragam produk yang mencapai lebih dari 80 varian, dan telah pula menembus pasar dunia, seperti Singapura, Malaysia, Brunei, Amerika, Belanda, dan Saudi Arabia. Dan pada Agustus 2010, telah menanda tangani kontrak sponsor dengan salah satu klub sepakbola dunia terkenal Real Madrid. 
  • PT. Santos Jaya Abadi 
Kalau perusahaan yang satu ini terkenal dengan produksi kopi nya gan. Tak lain dan tak bukan adalah Kopi Kapal Api yang melegenda itu gan. Siapa yang tidak kenal dengan kopi Kapal Api? Begitu melekatnya merek ini di Indonesia, terutama bagi para penikmat kopi. Oleh pendirinya, Goe Soe Loet, brand "Kapal Api" dipilih lantaran menjadi simbol kemapanan dan luxury di era 1920-an. Kini PT. Santos Jaya Abadi telah memiliki 5 brand kopi dipasaran, serta pengembangan usaha (diversifikasi) lewat Kafe Exelso dan Cafe Grazia. Tidak hanya di Indonesia, Kopi Kapal Api juga telah menembus pasar Malaysia, Myanmar, dan China.
  • PT. J.CO Donuts and Coffee 
Yang satu ini terkenal dengan donat nya yang enak bin laziz gan. Didirikan oleh Johnny Andrean yang sebelumnya terkenal sebagai pengusaha salon yang sukses. Tak kurang dari 168 jaringan salon dan 41 sekolah salon dimilikinya, namun insting sang penata rambut kemudian membawanya terjun ke bisnis makanan. Sejak tahun 2003 ia aktif mengembangkan J.CO. J.CO adalah produk dalam negeri dengan menggunakan konsep dari luar negeri dan disempurnakan dengan modernisasi dan kualitas terbaik. J.CO ditujukan untuk menyerbu pasar asing.

Persiapan J.CO membutuhkan waktu yang lama. Selama 3 tahun Johnny Andrean dan timnya mempelajari bisnis donat, mengeksplorasi resepnya, serta melakukan riset pasar dan sampling. Johnny meluncurkan J.CO dengan konsep "apa yang disukainya dan hal ini bisa diterima masyarakat". 
Pada 26 Juni 2005, J.CO mulai beroperasi pertama kali di Supermal Karawaci, Tangerang dan kemudian langsung membuka outlet sebanyak-banyaknya. Dalam waktu setahun, J.CO telah punya 16 buah gerai dengan 450-an orang karyawan untuk gerai saja. Tujuh gerai terdapat di Jakarta dan sisanya di Bandung, Surabaya, Makassar, dan Pekanbaru. Dalam 4 tahun beroperasi, J.CO berhasil membuka lebih dari 100 otlet di asia yaitu Indonesia, Malaysia , china dan Singapore. 
  • PT. Hartono Istana Teknologi / Polytron
PT. Hartono Istana Teknologi , adalah perusahaan NasionalElektronik terbesar dan terkemuka di Indonesia. Sejakdidirikan tahun 1976 hingga sekarang , PT. Hartono IstanaTeknologi telah mampu menjadi tuan rumah di negerisendiri dibidang bisnis elektronika, dengan pangsa pasarterbesar untuk produk audio dan televisi. Untuk melebarkan sayapnya PT. Hartono Istana Teknologi masuk
juga di bisnis Home appliances seperti Refrigerator, Freezer, Mesin cuci, Air Conditioner, Water Dispenser, Show Case, Chest Freezer, dll . Kami memiliki dua pabrik yang berlokasi di Kudus dengan luas area 205.000 m2 dan di Sayung dengan luas area 13.000 m2 dengan jumlah karyawan lebih dari 3500 orang. Kantor pemasaran sebanyak 11 tersebar di kota-kota besar di seluruh provinsi di Indonesia dan
didukung oleh ribuan distributor dan dealer. Untuk kepuasan konsumen , kami memiliki 33 layanan purna jual dan ratusan authorized service di seluruh Indonesia.

Guna mengembangkan pasar di luar negeri , PT Hartono Istana Teknologi telah membuka kantor pemasaran di Thailand dan Philipina serta menunjuk authorized distributor di beberapa negara seperti
Pakistan, Bangladesh, Vietnam , Myanmar , beberapa negara Timur Tengah serta Amerika Latin.
  • PT. Insera Sena
Adalah PT. Insera Sena, sebuah perusahaan produsen sepeda yang didirikan pada 1989 di Sidoarjo, Desa Wadungasih, Bunduran, Jawa Timur, Indonesia. Pada 1991, Pt. Insera Sena mulai memproduksi sepeda bermerek Polygon. Dari seluruh unit sepeda yang diproduksi, 30% menggunakan merek Polygon. Dari 30% terebut, 20% untuk pasar lokal dan 10% untuk diekspor ke luar negeri, terutama untuk sepda jenis Mountain Bike: Cozmic dan Collosus.

Saat ini sepeda merek Polygon sudah tersebar di banyak negara. Untuk wilayah Asia antara lain sudah diekspor ke Jepang, Korea, Singapura dan Malaysia. Untuk Eropa sudah juga menembus pasar Inggris, Jerman, Prancis, Spanyol, Swiss, Yunani, Denmark, Swedia, Finlandia, Norwegia, Rusia dan Polandia. Beberapa negara di Amerika pun sudah menggunakannya, USA, Kanada, Costa Rica, dan Argentina. Bahkan sampai ke Afrika: Mauritius dan Afrika Selatan. Australia, Selandia Baru dan Kepulauan Fiji juga telah menjadi pasar ekspor sepeda buatan Sidoarjo ini.



Daftar perusahaan asing di indonesia

  • MRO  
Adalah sebuah perusahaan Belanda di bidang keuangan (Bank Belanda), didirikan tahun 1991, berkantor pusat di Amsterdam, Belanda. ABN AMRO menjadi salah satu bank terbesar di Eropa yang beroperasi di 63 negara di seluruh dunia. Tanggal 27 Februari 1826, ABN AMRO didirikan di Indonesia dan terdapat 20 kantor cabang ABN AMRO di 10 kota besar (Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Makassar, Manado, Semarang, Solo, Denpasar, dan Balikpapan).          
  • Royal Dutch Shell plc
Adalah perusahaan energi utama (migas) yang didirikan tahun 1907 dan berkantor pusat di Den Haag, Belanda. Perusahaan ini merupakan salah satu peringkat 4 atas perusahaan swasta minyak dan gas di dunia dan memiliki bisnis petrokimia yang cukup besar. Sejak tahun 1928, SCI (Shell Chemicals) beroperasi di Indonesia berupa bisnis perdagangan dalam produk petrokimia, gas & tenaga, penjelajahan dan produksi (E&P) dan SPBU. Di Indonesia, Shell mengoperasikan SPBU sejak 1 November 2005 dan lokasi pertamanya yaitu di Lippo Karawaci, Tangerang. Bahan Bakar yang dijual adalah Shell Super, Shell Super Extra, dan Shell Super Diesel.
  • TNT N. V 
Adalah perusahaan internasional bidang kurir yang bermarkas di Hoofddorp, Belanda. Didirikan tahun 1996  dan beroperasi lebih dari 200 negara. TNT mengoperasikan Royal TNT Post BV, TNT Express, TNT Logistics, dan TNT Post yang beroperasi di semua negara-negara di Eropa. Pada tahun 2010, TNT Express Indonesia (TNT) berkonsentrasi meningkatkan pertumbuhan bisnis layanan ke suku cadang otomotif baik untuk mobil penumpang, niaga, maupun alat berat. Jaringan global perusahaan ini lebih di 200 negara, sedangkan di Indonesia terdapat di 33 kota besar dan 17 kantor cabang serta 6 gateway yang dapat mencakup semua daerah di Indonesia termasuk daerah terpencil sekali pun.
  • Unilever     
Adalah perusahaan multinasional yang didirikan tahun 1930 yang berkantor pusat di Rotterdam, Belanda dan memproduksi barang konsumen sehari- hari keluarga di seluruh dunia seperti makanan, minuman, pembersih, dan konsumen pribadi seperti Rinso, Sunsilk, Dove, dan Clear.  Unilever Indonesia didirikan 5 Desember 1933 sebagai Zeepfabrieken N.V. Lever. Pada 30 Juni 1997, nama perusahaan diubah menjadi PT Unilever Indonesia Tbk.
  • DANONE    
Nama Danone berasal dari sebuah perusahaan kecil yang didirikan pada tahun 1919 oleh Isaac Carasso di Barcelona (Spanyol). Perusahaan ini memproduksi yoghrut dan diberi nama berdasarkan anak pertama Carasso, Daniel Carasso.Sepuluh tahun kemudian, pabrik pertama di Perancis dibagun. Selama masa pendudukan Jerman di Perancis pada Perang Dunia 2, Daniel memindahkan perusahaan ke New York untuk menghindari penyitaan akibat kepercayaan Yahudi yang dianutnya. Di Amerika Serikat, Daniel berpartner dengan Joe Metzger dan mengubah mereknya menjadi Dannon agar lebih cocok dengan orang Amerika.Pada tahun 1951, Daniel Carasso menjual bisnisnya di Amerika Serikat dan kembali ke Paris untuk mengelola bisnis keluarga di Perancis dan Spanyol. Di Eropa, pada 1967, Danone melakukan merger dengan Gervais, produsen keju, dan mengubah nama menjadi Gervais Danone.Pada tahun 1973, Gervais Danone melakukan merger dengan Boussois-Souchon-Neuvesel (BSN). BSN didirikan oleh keluarga Antone Riboud, yang mengubahnya dari perusahaan kecil menjadi perusahaan makanan terbesar di Eropa melalui merger dan akusisi pada tahun 1970-an.
  • CIMB Niaga 
CIMB Niaga adalah salah satu bank papan atas dan berada di urutan ke lima bank terbesar di Indonesia. CIMB Niaga yang merupakan penggabungan Bank Lippo dan Bank Niaga dikendalikan oleh perbankan asal Malaysia. Pemegang sahamnya adalah CIMB Group Sdn Bhd sebesar 56,1%, Santubong Ventures Sdn Bhd 16,65%, Greatville Pte Ltd 2,58%. Publik memiliki saham sekitar 24 persen.
  • Air Asia 
Air Asia adalah salah satu maskapai penerbangan asal Malaysia. Maskapai yang mengklaim sebagai salah satu penerbangan murah ini melakukan ekspansi bisnis ke Indonesia dengan membuka rute-rute penerbangan ke sejumlah jalur gemuk di Indonesia.
  • Petronas 
Petronas adalah perusahaan migas raksasa asal Malaysia yang melakukan ekspansi di Indonesia. Petronas bukan hanya ikut melakukan eksplorasi untuk menyedot minyak dan gas Indonesia, tetapi Petronas juga membuka jaringan yang melayani penjualan bahan bakar minyak melalui pembukaan sejumlah pom bensin.
  • Sime Darby 
Sime Darby adalah grup bisnis perkebunan besar asal Malaysia hasil merger dari Kumpulan Guthrie, Golden Hope dan Sime Darby. Sebelum merger, Kumpulan Guthrie telah membeli ratusan ribu hektare perkebunan di Sumatra milik Grup Salim setelah diambilalih oleh Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) sebagai bagian dari penyelesaian utang Grup Salim.
  • PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) 
BII adalah salah satu bank papan atas di Indonesia. Bank ini semula milik Grup Sinar Mas, belakangan diambilalih BPPN dan dilepas kepada konsorsium Sorak pada Desember 2003. Pada 30 September 2008, 55,51 persen saham Sorak diambilalih oleh Mayban Offshore Corporate Services (Labuan) Sdn. Bhd, anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Malayan Banking Berhad (Maybank). Maybank adalah salah satu grup bisnis perbankan besar di Malaysia.
  • Proton 
Ini adalah perusahaan otomotif merk Proton yang saat ini gencar memasarkan produknya di negeri ini.
  • PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) 
PT NNT ini, 80% sahamnya dikuasai oleh PT Newmont Mining Corp, sisanya sebear 20% dimiliki oleh PT Pukuafu Indah milik Yusuf Merukh. Sedangkan investasi yang ditanam sebesar 1,9 miliar dolar Amerika.
  • PT Newmont Minahasa Raya
Perusahaan tambang raksasa milik Amerika Serikat ini bernama Newmont Indonesia Ltd. Perusahaan yang berlokasi di Minahasa, Sulawesi Utara itu, dikenal memiliki reputasi buruk dengan munculnya kasus Buyat. Dan perusahaan ini menguasai 80% saham pertambangan dan sisanya 20% dimiliki PT Tanjung Serapung.
  • NESTLE 
Nestle adalah perusahaan milik swiss yang hamper ada di seluruh Negara termasuk Indonesia. Memproduksi susu bayi, coklat, dan makanan lain.





Sudah dulu ah, ane laper wkwk..
    postingan kali ini mengenai bisnis yang ada di luar maupun di dalam negri, semoga dapat menambah wawasan kita tentang bisnis dan menambah luas informasi pengetahuan kita.., jangan lupa di share dan ikuti terus postingan selanutnya yaaa :)













Refrensi :
http://fe.gunadarma.ac.id/majalah/2015/11/12/hambatan-bisnis-di-indonesia/
https://www.kaskus.co.id/thread/51f1458d41cb177d1500000a/perusahaan-indonesia-yang-go-internasional/
https://indoforwarding.com/hambatan-perdagangan-internasional-di-indonesia/