CARA BIKIN KOPLING MANUAL VEGA ZR

CARA BIKIN KOPLING 
MANUAL VEGA Z
Bikin Kopling Manual Di Vega ZR, Tarikan Makin Responsi




Banyak pemilik Yamaha Vega ZR yang pengin besutannya kian responsif. Caranya, mengubah sistem transmisi otomatis jadi manual (kopling manual). Cuma masalahnya, kuda besi itu menganut teknologi diagfragma. Selain agak ribet bikinnya, juga sering selip.

Apalagi di pasaran juga belum ada kit atau spare-part pendukungnya. Maklum, motor itu terbilang baru! Eh, tapi tenang, hasil penelusuran kami, sudah ada nih yang bisa bikin.

Pertama, sebelum memulai kerja, siapkan dulu, perkakas: obeng kembang, T-8, T-12, ring 10, ring 12 dan ring 21. Oh ya, saat nanti membuka bak kopling, jangan sampai pakingnya rusak. Karena harganya cukup mahal, sekitar Rp 32 ribu. Sekarang, mulai buka bak kopling. Tapi sebelumnya siapkan wadah untuk menampung olinya. Sementara itu, buka juga footstep dan kick starter, gunakan kunci ring 10 dan 12. Ini untuk memudahkan pekerjaan.


Jika sudah beres, gunakan kunci T-8 buat melepas baut pengunci bak kopling, sampe isinya blok kanan kiri ya (mangko di las, ) dari asalnya. Gampang kok



memodif bak koplingnya. Selain itu untuk pemakaian harian tak perlu dilas-las lagi pada bagian rumah otomatisnya, ongkosnya juga cukup Rp 400 ribu. Hal Terpenting, konstruksi jalur tali koplingnya jangan dibuat tidur. Kalo dibuat rebah pasti gak ada tendangan baliknya dan ujung-ujungnya selip kopling karena konstruksi yang salah. Lalu untuk dudukan aluminiumnya, jangan terlalu besar karena posisi dalam bak yang sempit.

Nah biar si bak kopling bisa duduk manis di tempatnya ada lagi triknya. pada rumah kopling otomatisnya harus dimodifikasi, digerinda sekitar 1 mm, agar kopling gak selip, apalagi kalau mau kembali ke semula gak repot tinggal tebus kembali bos yang digerinda.


Selain itu, Biar tambah yahud bak kopling yang kena api las dicat ulang sewarna aslinya. Selain itu kampas kopling orisinalnya diganti punya Jupiter MX  harga per lembarnya Rp 70 ribuan. Sebab kampasnya lebar-lebar.


 

Ini spesial buat mereka yang doyan ngencengin motor. Dari yang sekadar korek harian sampe balap, pasti ngerti kalau tenaga besar hasil ledakan di ruang bakar jadi percuma jika gak sampai ke roda belakang.

Gara-gara selip kopling misalnya. Obat paling mujarab ya ganti konstruksi kopling dengan jumlah pegas lebih banyak. Ya, macam produk asal Malaysia berlabel SYS. Awal tahun saat event MotoPrix Banten, beredar kopling per 6 buat Yamaha Jupiter. Kini sudah tersedia produk untuk Yamaha New Jupiter/Vega ZR dan Honda Blade atau Absolute Revo.


Jumlah pegas kopling yang lebih banyak membuat tekanan pegas ke kampas kopling jadi lebih merata. Jelas gigitan kampas makin pakem, anti selip.
Dengan pegas kopling lebih banyak, hasilnya tidak sekadar sama dengan pegas kopling pasang yang lebih kaku. Jumlah pegas lebih banyak juga unggul di soal distribusi tekanan pegas. Jelas lebih merata. Terbukti lebih unggul untuk rpm tinggi.

Tambahan lagi, Jika hanya pegas yang dipasang lebih kaku, tuas kopling bakal terasa sangat kaku ketika ditarik. Berat untuk tangan, bikin cepat pegal hingga keram. Di road race, bisa kurangi konsentrasi pembalap


Beda jika jumlah pegas kopling yang ditambah. Pegas tidak perlu terlalu kaku untuk menambah kekuatan gigitan kampas. Jadi, tangan tidak perlu susah menarik tuas kopling, Soal produk Jupiter-Z, paket bermerek SYS ini terdiri dari center clutch atau bosh kopling, clutch pressure plate, dan per. Harganya di kisaran Rp 350 ribu.

Khusus soal kopling per 6 buat New Jupiter-Z dan Blade, paket kopling per 6 ini masih ditambahkan clutch house juga kampas dan pelat kopling.
Itu karena konstruksi kopling bawaan New Jupiter-Z dan Blade menggunakan pegas diafragma. Perbedaan itulah yang menuntut part kopling diganti total.

Pegas diafragma sebenarnya bagus, tapi dengan jumlah kampas kopling yang hanya 2 lembar jelas tidak mampu jika tenaga sudah jauh bertambah. Lagipula di pasaran belum ada pegas diafragma aftermarket spek racing.
Sayangnya, karena jumlah part bertambah, harganya pun jadi lebih tinggi ketimbang paket buat Jupiter-Z. Kalau buat New Jupiter-Z atau Blade dijual Rp 450 ribu.

Oh ya, soal kampas kopling buat paket kopling New Jupiter-Z dan Blade ini persis dengan milik MX atau Karisma.




oke sekian info dari saya, semoga bermanfaa ...