VOICE ASSISTANT

VOICE ASSISTANT




Voice assistant atau yang bisa di sebut juga asisten virtual adalah perangkat lunak yang dapat melakukan tugas atau layanan bagi individu. digunakan untuk merujuk ke asisten virtual secara umum atau yang diakses oleh obrolan online atau dalam beberapa, program obrolan online yang ditujukan untuk hiburan dan tujuan yang tidak berguna. Ini mengacu pada penelitian perusahaan terhadap kecerdasan buatan. Asisten virtual tidak hanya untuk pemilik smartphone.

Pada tahun 2017, kemampuan dan penggunaan asisten virtual berkembang dengan cepat, dengan produk baru yang memasuki pasar dunia. Sebuah pendapat online pada bulan Mei 2017 yang paling banyak digunakan di AS adalah Apple Siri, Google Assistant, Amazon Alexa, dan Microsoft Cortana. Dalam perangkat Apple dan Google memiliki basis pengguna terinstal besar di ponsel cerdas. Microsoft memiliki basis komputer berbasis Windows, smartphone dan speaker pintar berbasis Windows. Alexa memiliki basis instalasi yang besar untuk speaker pintar.


Alat pertama yang diaktifkan untuk melakukan pengenalan ucapan digital adalah IBM Shoebox, dipresentasikan kepada masyarakat umum selama Pameran Dunia Seattle 1962 setelah diluncurkan pada awal tahun 1961. Komputer pertama ini, yang dikembangkan hampir 20 tahun sebelum diperkenalkannya Personal Computer IBM pertama pada tahun 1981, mampu mengenali 16 kata yang diucapkan dan angka 0 sampai 9. Lalu berikutnya dalam pengembangan teknologi pengenalan suara dicapai pada tahun 1970an di Carnegie Mellon University di Pittsburgh, Pennsylvania dengan dukungan besar dari Departemen Amerika Serikat Pertahanan dan agen DARPA-nya. Alat mereka "Harpy" menguasai sekitar 1000 kata. Sekitar sepuluh tahun kemudian, kelompok ilmuwan yang sama mengembangkan sebuah sistem yang dapat menganalisis tidak hanya kata-kata individual tapi keseluruhan urutan kata yang dimungkinkan oleh Model Markov Tersembunyi. Dengan begitu, asisten virtual paling awal, yang menerapkan perangkat lunak pengenalan suara adalah perangkat lunak pendeta otomatis dan perangkat lunak digital medis. Pada tahun 1990an, teknologi pengenalan ucapan digital menjadi fitur komputer pribadi dengan Microsoft, IBM, Philips dan Lernout & Hauspie yang memperjuangkan pelanggan. Belakangan dalam peluncuran pasar smartphone pertama IBM Simon pada tahun 1994 meletakkan dasar bagi asisten virtual cerdas seperti yang kita kenal sekarang. Asisten virtual digital modern pertama yang terpasang pada smartphone adalah Siri, yang diperkenalkan sebagai fitur dari iPhone 4S pada tanggal 4 Oktober 2011. Apple Inc mengembangkan Siri setelah akuisisi Siri Inc. 2010, sebuah spin-off SRI International, yang merupakan lembaga penelitian yang didanai oleh DARPA dan Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Salah satu perangkat Amazon Alexa
voice command alexa (daftar perintah alexa):
Daftar perintah Alexa bersifat ekspansif dan berkembang dengan setiap layanan baru atau perangkat yang didukungnya. Alexa tidak sempurna, tapi cukup hebat dalam memahami bahasa alami, jadi Anda tidak harus selalu mengucapkan perintah persis seperti yang Anda lihat di bawah ini. Banyak perintah bekerja bila diberi kata dengan beberapa cara yang berbeda atau bahkan dengan kata-kata yang diabaikan.




Menganalisa cara kerja voice assistant,
Mana yang lebih baik ?




Asisten virtual bekerja melalui:
Aplikasi olahpesan cepat atau aplikasi lainnya.
Dengan suara, misalnya dengan Amazon Alexa di perangkat Amazon Echo, atau Siri di iPhone. Dengan mengambil atau mengupload gambar, seperti pada perangkat Samsung Bixby di Samsung Galaxy S8
Beberapa dari asisten virtual dapat diakses melalui berbagai metode, seperti Asisten Google melalui obrolan di aplikasi Google Allo dan melalui suara di speaker cerdas Google Home.

Untuk memulai dengan Asisten virtual, Anda harus mengetahui dasar-dasarnya terlebih dahulu.
Untuk mendapatkan Asisten virtual "bangun" dan dengarkan sebuah perintah, katakan, "OK, Google"
Untuk menghentikan Asisten virtual saat menjalankan perintah, katakan, "Oke, Google, hentikan" atau, "tidak apa-apa."
Bicaralah secara percakapan - Google Asisten virtual dapat memahami perintah yang sama dengan berbagai cara. Sebagai berikut:

  1. ·        Dengan teks (chat online), terutama di dalam aplikasi olahpesan cepat atau aplikasi yang lainnya
  2.       Dengan suara, misalnya dengan Amazon Alexa di perangkat Amazon Echo, atau Siri di perangkat iPhone
  3.       Dengan mengambil atau mengupload gambar, seperti pada perangkat Samsung Bixby di Samsung Galaxy S8


·        Beberapa asisten virtual dapat diakses melalui berbagai metode, seperti Asisten Google melalui obrolan di aplikasi Google Allo dan melalui suara di speaker cerdas Google Home.

·        Asisten virtual menggunakan pengolahan bahasa alami (NLP) agar sesuai dengan input teks atau suara pengguna ke perintah yang dapat dieksekusi. Dan banyak yang terus belajar menggunakan teknik kecerdasan buatan termasuk mesin belajar.

·        Untuk mengaktifkan asisten virtual dengan menggunakan suara, sebuah kata bisa digunakan. Ini adalah kata atau sekelompok kata-kata seperti  "OK Google".
Asisten virtual dapat menyediakan beragam layanan.

·        Google Now
Voice Assistant dari perusahaan Google ini hadir setahun setelah kemunculan Siri. Aplikasi google now ini mampu memberikan informasi lebih cepat bahkan sebelum pengguna menginginkannya Lewat Google Now, pengguna bisa memberikan perintah pencarian lewat Google now, cukup dengan suara saja, mencari tahu informasi lalu lintas, informasi cuaca, dan juga dapt mengetahui restoran terdekat. Dalam aplikasi Google Now juga menyediakan fitur Google Now Cards yang berfungsi sebagai pengingat aktivitas penggunanya dengan Google Now. Selain itu, aplikasi Google now ini juga bisa membantu penggunanya mengingat tentang jadwal, agenda. Aplikasi ini juga mampu melakukan penghitungan, mengetahui suatu konversi bilangan, informasi jadwal film, informasi penerbangan, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Dan bisa dibilang, Google Now adalah aplikasi asisten pintar terdepan karena memiliki kemampuan yang baik.


·        Microsoft Cortana
Microsoft Cortana yang diperkenalkan Microsoft pada tahun 2014 hadir dengan kemampuan yang hampir masih sama dengan Apple Siri dan Google Now. Hannya Perbedaannya, dari kemampuannya yang lebih privasi. Microsoft Cortana mempelajari kebiasaan penggunanya dalam berbagai hal secara lebih pribadi.

Contohnya jika pengguna mencari sesuatu, maka Microsoft Cortana akan bekerja dengan cara menampilkan hal-hal yang disukai oleh pengguna dan mengabaikan hal-hal lainnya yang tidak disukai oleh penggunanya. Selain itu, komunikasi dalam Microsoft Cortana juga tidak kaku. Microsoft Cortana mampu melakukan tindakan sesuai perintah dengan lebih mendetail.
Aplikasi dari Microsoft ini juga mampu menjawab ucapan pengguna dengan lebih natural.

·        BlackBerry Assistant
Perusahaan dari BlackBerrypun tidak mau kalah dengan Apple, Microsoft, dan Google. Perusahaan yang dulunya bernama RIM ini juga menghadirkan asisten pintar dengan nama BlackBerry Assitant. Aplikasi yang keluar pada tahun 2014 sebenarnya memiliki kemampuan yang sama dengan ketiga aplikasi lainnya. Hanya saja, karena masih baru, aplikasi ini belum begitu populer.
Padahal secara kemampuan, aplikasi BlackBerry Assistant ini tidak kalah dengan tiga aplikasi tersebut. Yang jadi kekuatan dari aplikasi asisten pintar dari BlackBerry ini adalah kemudahan untuk mengontrol perintah tulis dan mengatur aplikasi-aplikasi.

Smart voice Assistant
Apple Siri, Google Now, Microsoft Cortana, dan BlackBerry Assistant. Merupakan layanan pintar yang hadir di pasar sebagai jawaban kemudahan untuk mendapatkan informasi lebih cepat. Keempat aplikasi ini mampu menjawab beberapa pertanyaan pengguna hannya lewat perintah suara saja, dan ada juga kemampuan lainnya seperti mencari informasi dari situs atau layanan umum tertentu yang di inginkan oleh penggunanya.



Menganalisa ketertarikan teknologi voice assistant
Bagai mana dengan harga nya ?


Dapat memberikan informasi seperti cuaca. Wikipedia atau IMDB, atur alarm, buat daftar tugas dan daftar belanja
Memutar musik dari layanan streaming seperti Spotify dan Pandora; bermain stasiun radio; baca buku audio
Putar video, acara TV atau film di televisi, streaming dari mis. Netflix
Melengkapi atau mengganti layanan pelanggan oleh manusia. Amazon memungkinkan Alexa "Keterampilan" dan "Tindakan" Google, yang pada dasarnya adalah aplikasi yang berjalan di platform asisten.

Platform-platform yang mendukung dan  memberi kekuatan pada asisten virtual yang paling banyak digunakan:

Amazon Lex dibuka untuk pengembang pada bulan April 2017. Ini melibatkan teknologi pemahaman bahasa alami yang dikombinasikan dengan pengenalan ucapan otomatis dan telah diperkenalkan.
Google menyediakan platform Tindakan di Google dan API.ai bagi pengembang untuk membuat "Tindakan" untuk Asisten Google.
Apple menyediakan SiriKit bagi pengembang untuk membuat ekstensi untuk Siri
IBM Watson, sebagai asisten virtual sebenarnya adalah sebuah platform kecerdasan buatan dan komunitas yang menggerakkan beberapa asisten virtual, chatbots. dan banyak lagi jenis solusi lainnya. Asisten virtual menggabungkan semua ini bersama pengalaman AI bot-sentris yang baru, yang dirancang untuk memberi Anda interaksi percakapan yang mencakup beberapa bidang ini dan banyak lagi.


Salah satu perusahan asal Google  meluncurkan Google home asisisten, google home asisten adalah perouk voice activaded yang memungkinkan untuk membantu pengguna dalam pengaturan suatu ruangan di rumah melalui speaker yang terhubung dengan wi-fi, pada bulan oktober, dimana perusahaan Google meengumumkan harga dan ketersediaan peroduk tersebut. Cara kerja google home mungkin aka sama dengan Siri pada perangkat Iphone atau voice assistant pada perangkat android, yang membedakan google home dengan perangkat lainnya, google home mampu memberikan pengaturan perangkat smart home di rumah anda dengan lebih baik, list dari streaming services yang kompatibel dengan Google Home pun bisa dibilang sangat impresif, dari beberapa konten musik seperti Spotify, Pandora dan TuneIn, hingga konten video seperti Netflix dan YouTube . Dapat juga untuk menyalakan musik, menampilkan acara favorit, mengecek jadwal penerbangan anda, mengecek cuaca hari ini, bahkan bisa juga untuk mematikan dan menyalakan lampu di rumah anda hanya dengan memberikan sebuah perintah suara yang simpel. Google Home akan hadir di pasaran dunia dengan harga sekitar $129 atau sekitar Rp 1.7 juta dan akan mulai tersedia mulai 4 November 2016. Penawaran yang diberikan oleh perusahan Google bisa dibilang akan menjadi pilihan yang cukup menarik untuk para konsumen-konsumen, karena pesaingnya yang menawarkan produk serupa yaitu Amazon Echo memiliki harga sekitar $179 atau sekitar Rp 2.3 juta.


Dalam pengalaman digital asisten virtual dianggap sebagai salah satu kemajuan teknologi terkini dan konsumen yang paling menjanjikan. Para ahli mengklaim bahwa pengalaman digital akan mencapai status-weight yang sebanding dengan pengalaman (nyata), jumlah pengguna yang sering dan seiring pertumbuhan substansial jumlah pengguna virtual assistant di seluruh dunia. Jumlah pengguna asisten virtual digital yang sering diperkirakan hampir sekitar 1 miliar lebih di seluruh dunia, dan dapat diamati bahwa teknologi asisten digital virtual tidak lagi terbatas pada aplikasi smartphone, namun hadir di banyak-banyak sektor industri seperti di (otomotif, telekomunikasi, ritel, perawatan kesehatan dan pendidikan). Menanggapi biaya yang sangat signifikan dari perusahaan di semua sektor dan peningkatan penerapan pada perangkat mobile, dalam pasar dunia untuk teknologi pengenalan suara diprediksi tumbuh di CAGR secara global selama periode 2016 sampai 2024 dan dengan demikian melampaui pasar dunia. perkiran ukuran USD 7,5 miliar pada 2024. Karena dampak yang sangat signifikan dari BYOD (Bring Your Own Device) dan bisnis mobilitas perusahaan-perusahaan di seluruh dunia.



Pendapat tentang voice assistant (asisten virtual)
Perbandingan voice asisten pintar yang sedang berkembang di pasar. Dari keempat voice asisten tersebut, dapat disimpulkan jika dari aplikasi-aplikasi voice assistant, Google Now memiliki kemampuan yang lebih lengkap dengan Microsoft Cortana yang lebih fleksibel dan tidak kaku. Apple Siri unggul dengan dukungan berbagai bahasa, sementara BlackBerry Assitant unggul dalam pengelolaan aplikasi.
Asisten virtual diharapkan akan dibangun ke ponsel-ponsel lain yang akan datang di pasaran dunia, dan untuk beberapa ponsel-ponsel yang sudah diluncurkan terlebih dahulu, itu akan tersedia melalui update software. Selain itu juga, Asisten virtual harus disertakan didalam produk lain seperti Google Home. Dan sementara itu sebagian besar perintah-perintah ini masih tumpang tindih, Asisten virtual juga memiliki kemampuan lain yang unik untuk setiap platform-platfrom yang berbeda.


























Refrensi